Cara Cepat Hamil

Tips Sukses Membuat Kue Black Forest Cake

Cara Cepat Hamil
Black Forest Cake merupakan kue yang paling populer dari dulu hingga sekarang. Proses pembuatannyapun tak sesulit yang Bunda bayangkan, asalkan sebelum memulai membuatnya kita sudah betul-betul memahami trik dan langkah pembuatannya. Untuk itulah Bunda perlu untuk membaca artikel yang akan saya posting disini. Silahkan Bunda juga cari resep masakan lainnya yang mungkin ingin Bunda buat untuk memenuhi gizi keluarga tercinta.

Tips Sukses Membuat Kue Black Forest Cake


Berikut Ini Tips Sukses Membuat Black Forest Cake :
  1. Pilih dan gunakan bahan-bahan yang memiliki kualitas yang baik karena hal ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari pembuatan kue.
  2. Seleksi dan timbang bahan-bahan dengan cermat dan sesuai dengan takaran resep.
  3. Kocokan telur menggunakan mixer kecepatan tinggi agar hasilnya maksimal.
  4. Pada saat menuangkan mentega cair, sebaiknya gunakan spatula plastik agar dapat tercampur dengan rata. Dan tehnik pengadukannya secara bertahap agar adonan tidak turun.
  5. Siapkan cetakan/loyang sesuai dengan kapasitas adonan. Sebelumnya olesi terlebih dahulu dengan margarin dan dialasi dengan kertas roti agar pada saat cake dikeluarkan dari cetakan/loyang tidak lengket.
  6. Sebaiknya cake dibiarkan betul-betul dingin sebelum memulai menghias, agar buttercream tidak meleleh pada saat dipoles.
  7. Lelehkan cokelat dengan menggunakan dua panci yang berisi air hangat agar menghasilkan cokelat yang mengkilat.
  8. Saat ingin menyiram cokelat leleh diatas cake, sebaiknya cake yang telah dipoles dengan buttercream dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es hingga agak mengeras agar buttercream tidak meleleh karena dapat mempengaruhi penampilan cake.
  9. Jangan menyimpan cokelat batang dan buttercream di tempat yang panas agar tidak cepat meleleh.
  10. Untuk mendapatkan cokelat serut yang tipis dan cantik, sebaiknya gunakan peeler khusus cokelat yang bisa Bunda beli di toko penjual bahan kue.

Jenis-Jenis Cokelat
Yang membedakan cokelat yang satu dengan yang lainnya adalah kadar lemak cokelatnya atau yang lebih dikenal dengan istilah cocoa butter. Makin tinggi presentase cocoa butternya, makin bagus kualitasnya, dan makin pula harganya. Sayangnya cocoa butter memiliki titik didih yang rendah, artinya tidak tahan panas, sehingga pendistribusian cokelat yang memiliki cocoa butter yang tinggi di negara-negara tropis diperlukan penanganan khusus. Cokelat bubuk terbuat dari biji cokelat yang sudah dikeringkan dan dihilangkan kamdungan cocoa butternya.

Couverture Chocolate
Couverture Chocolate adalah cokelat yang dimasak dengan 100% cocoa butter, menghasilkan Couverture Chocolate. Cita rasanya sangat lembut dan sangat mudah meleleh.

Compound Chocolate
Compound Chocolate adalah cokleat yang dimasak dengan cocoa butter yang dicampur dengan vegetable oil. Campuran kedua lemak ini disebut Compound Chocolate. Tujuan penambahan vegetable oil disini adalah untuk meningkatkan titik didih cokelat agar tidak mudah lumer. Cokelat jenis inilah yang banyak dipakai di negara-negara tropis. Cokelat jenis ini dikenal sebagai dark cooking chocolate yang biasa kita gunakan untuk membuat kue. Bentuknya seperti cokelat batangan, tersedia di toko bahan kue dan supermarket besar. Selain jenis dark, ada pula jenis milk cooking chocolate yang lebih manis dengan kadar susu yang lebih banyak, dan white cooking chocolate yang berwarna putih, atau biasa dikenal dengan cokelat putih.

Dalam penggunaannya, baik compound maupun couverture tidak banyak berbeda. Kedua jenis cokelat tersebut dapat dipergunakan untuk campuran kue, saus, topping, praline, truffle, fondue, dll. Perbedaannya pada saat disantap, kalau couverture lebih lembut dan gampang lumer di mulut.

Mengetim Cokelat
Bagaimana cara mengetim cokelat yang baik, sehingga air tidak menyiprat masuk ke dalam cokelat. Karena setetes saja air masuk ke dalam cokelat, cokelat akan menggumpal. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan panci bawah lebih kecil daripada panci untuk cokelatnya dan gunakan api kecil saja untuk memanaskan panci berisi airnya. Sekedar sampai cokelatnya melunak, matikan api dan biarkan cokelat meleleh dengan sisa-sisa panas yang ada di bawahnya.

Cara ini akan menjaga cokelat tidak tersentuh uap air setetes pun, disamping itu proses meleleh yang berlangsung perlahan menghasilkan tekstur cokelat yang lebih halus dan lembut. Khususnya jika menggunakan cokelat couverture yang sangat sensitif terhadap panas, proses pengetiman couverture perlu perhatian lebih daripada cokelat biasa. Metode tim seperti ini paling cocok untuk membuat cokelat candy (praline dan truffle), coating dan saus cokelat.

Mengetim Cokelat Putih
Cokelat putih memang salah satu bahan yang sensitif terhadap suhu leleh. Sedikit terlalu panas, dia akan mudah meleleh.

Cara yang tepat mengetim cokelat putih, adalah panaskan air di wadah sampai cukup hangat baru white chocolate ditaruh diatasnya (api sudah dimatikan). Biarkan sebentar lalu perlahan mulai diaduk sesekali hingga seluruhnya leleh. Sebaiknya jangan biarkan api tetap menyala karena cokelat putih lebih sensitih terhadap suhu tinggi. Biarkan cokelat dalam wadah jangan langsung diaduk, jika sudah ada yang cair baru diaduk perlahan.

Berbeda dengan dark cooking chocolate, timlah dengan api kecil tetap menyala sampai cokleat meleleh dengan baik. White chocolate mempunyai kadar wax yang berbeda dengan dark chocolate. Karena itu usahakan selalu menghabiskan white chocolate yang ada, karena jika sudah mengeras sulit untuk melelehkannya lagi.

Aneka Hiasan Cake Dari Cokelat

Stik Cokelat
  • Masukkan cokelat leleh ke dalam plastik segitiga. Semprotkan cokleat leleh ke dalam cetakan plastik bentuk stik hingga cetakan terisi penuh.
  • Ratakan dan simpan ke dalam lemari es hingga mengeras, sekitar 10 menit.
  • Keluarkan dari cetakan.
  • Cokelat siap digunakan sebagai hiasan.

Pagar Cokelat
  • Masukkan cokelat leleh ke dalam plastik segitiga. Semprotkan cokelat leleh ke dalam cetakan plastik bentuk pagar hingga semua cetakan terisi penuh.
  • Ratakan dan simpan ke dalam lemari es hingga mengeras, sekitar 10 menit.
  • Keluarkan dari cetakan.
  • Cokelat siap digunakan sebagai hiasan.

Cokelat Tranfer/Bermotif
  • Masukkan cokleat leleh ke dalam plastik segitiga. Semprotkan cokelat leleh di atas plastik transfer bermotif.
  • Ratakan dengan spatula dan simpan ke dalam lemari es hingga mengeras.
  • Keluarkan dan buka plastiknya.
  • Cokelat siap digunakan sebagai hiasan.

Cokelat Praline
  • Masukkan cokelat leleh ke dalam plastik segitiga. Semprotkan cokelat leleh ke dalam cetakan plastik bentuk hati hingga semua cetakan terisi penuh.
  • Ratakan dan simpan ke dalam lemari es hingga mengeras.
  • Keluarkan dari cetakan.
  • Cokelat siap digunakan sebagai hiasan.

Cokleat Sarang Tawon
  • Masukkan cokelat leleh ke dalam plastik segitiga. Semprotkan cokelat leleh di atas plastik mika bermotif.
  • Ratakan dengan spatula dan simpan ke dalam lemari es hingga mengeras.
  • Keluarkan dari plastik mika.
  • Cokelat siap digunakan sebagai hiasan.
Cara Cepat Hamil

0 Response to "Tips Sukses Membuat Kue Black Forest Cake"

Post a Comment

Silahkan Bunda Berikan Komentar Yang Terbaik !!!